Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Harga Tiket Masuk Rowo Bayu Songgon Banyuwangi

2 min read

Rawa banyu merupakan sebuah rawa yang terletak di lereng gunung raung, banyuwangi, jawa timur. Loaksi dari rawa bayu ini berada di kawasan hutan lindung, maka tidak heran jika pemandangan serta pesona di sekitar rawa ini sangat tenang dan sejuk.

Konon rawa bayu ini merupakan petilasan yang hening dan juga sakral bagi masyarakat banyuwangi. Pada tanggal 18 desember 1771, di rowo bayu ini pernah terjadi pertempuran antara kerajaan blambangan denagn belanda.

Dengan menggunakan kesaktian yang dimiliki oelh para adipati atau pati raja dan seluruh tekad rakyat blambangan pada kala itu, perang antara kerajaan blambangan dengan pasukan belanda tidak dapat dihindari lagi.

Pertempuran itupun terjadi sehingga nemewaskan ribuan tentara belanda dan prajurit blambangan. Dan pertempuran itu juga sekaligus menewaskan pimpinan kedua belah pihak yakni pangeran jagapati dan juga komandan VOC Van Schaar.

Di hari itulah banyuwangi terlahir dan menjadi cikal bakal kota banyuwangi. Dan pada akhirnya di tanggal tersebut dijadikanlah sebagai hari jadi kota banyuwangi. Untuk mengenang peristiwa tersebut masyarakat banyuwangi sempat mengadakan ritual seperti syukuran, istighosah di sekitar area rawa bayu banyuwangi.

Pada zaman dahulu masyarakat di daerah cemoro sempek bayu, sering melakukan ritual dengan menyembelih kambing dan kemudian kepala dan kaki kambing tersebut dipotong untuk dihanyutkan ke dalam rawa bayu.

Dahulu pernah terjadi sebuah kejadian yang mana terdapat seorang anak yang mandi di rowo bayu banyuwangi dan mengalami kecelakaan tenggelam yang menyebabkan anak tersebut meninggal. Teman – teman korban yang mengetahui kejadian tersebut langsung bergegas menyelam dan pada akhirnya mayat korban ditemukan di dalam lumpur.

Sosok yang menjaga rawa bayu banyuwangi tersebut adalah seoarng biasanya dijuluki nyai resek. Perwujudan nyai resek ini memiliki wajah yang cantik dan juga bijaksana. Di sekeliling nyai resek dijaga oleh para prajurit dan dayang – dayang cantik.

 

Prabu Tawang Alun

Di rawa bayu banyuwangi juga terdapat sebuah peninggalan kuno yang diberi nama petilasan prabu tawang alun.

Prabu tawang alun adalah raja yang sangat tersohor dalam sejarah pembentukan banyuwangi. Saat memimpin banyuwangi prabu tawang alun sanggung membuat banyuwangi subur serta makmur. Tanpa satu kekurangan sandang ataupun pangan serta rakyat yang hidup denagn rukun dan juga damai.

Seiring berjalannya waktu, adik dari prabu tawang alun yang bernama wiro broto memiliki rasa iri kepada kakaknya yaitu prabu tawang alun. Dan pada akhirnya wiro broto bersekongkol dengan pati gringsing. Sehingga terjadilah perang di kerajaa blambangan antara pasukan prabu tawang alun melawan wiro broto.

Kemanangan yang diperoleh oleh prabu tawang alun tidak membuatnya senang, namun dia merasa sedih karena harus kehilangan adiknya. Kesedihan yang berkepanjangan membuat prabu tawang alun pergi dari kerajaan dan lebih memilih untuk menenagkan diri dan bertapa di kaki bukit gunung raung. Lebih tepatnya di atas batu petilasan prabu tawang alun.

Menurut legenda yang dipercaya turun temurun, saat itu prabu tawang alun bertapa, terdapat seekor macam sakti yang menemani dan menjaga hingga akir hayatnya.

 

Lokasi Rowo Bayu Songon Banyuwangi

Rowo bayu songgon banyuwangi  berada di desa kentangan, bayu, songgon, Banyuwangi.

Untuk kalian yang ingin mengunjungi rawa bayu bisa menggunakan kereta api dan berhenti di stasiun rogojampi. Dari stasiun rogo jampi kamu bisa menggunakan jasa ojek yang mana bsia membawa kamu menuju lokasi rawa bayu songgon.

Akan tetapi untuk kalian yang ingin mengunjungi rawa bayu songgon menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa langsung menuju lokasi wisata rowo bayu songgon banyuwangi, akses jalan menuju lokasi tempat wiasata saat ini sudah mudah untuk dilewati.

Kalian harus tetap berhati – hati, karena di loaksi ini sering terjadi kejadi mistis yang berkenaan dengan letak lokasinya yang berdekatan dengan lokasi petilasan prabu tawang alun.

 

Harga Tiket Masuk Rowo Bayu Songgon Banyuwangi

Untuk harga tiket sendiri belum diketahui jelas, jika kamu ingin mengunjungi lokasi wisata namun bingung dengan harga tiketnya, mungkin sebaiknya kamu bisa langsung ke lokasi wisata untuk memastikan.

 

Tips Berkunjung ke Rowo Bayu Songgon

  • Bersikap Sopan dan santun dan tidak melakukan hal yang melanggar norma yang ada di tempat wisata
  • Menaati semua peraturan yang ada di tempat wisata
  • Agar semakin seru jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment seru saat ada di tempat wisata
  • Membawa bekal makanan secukupnya untuk di makan di tempat saat waktu senggang
  • Dan yang paling penting selalu menjaga kebersihan tempat wisata dan membuang sampah pada tempatnya.

 

Demikianlah, informasi tentang harga tiket masuk rowo bayu songgon Banyuwangi kali ini. Semoga dengan adanya informasi tempat wisata rowo bayu songgon Banyuwangi ini bisa bermanfaat dan berguna untuk anda yang sedang mencari tempat wisata di Banyuwangi. Terimakasih

Budi Santoso
Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!