Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

2 min read

Mungkin sudah tidak asing lagi denagn wisata yang satu ini saat kamu berkunjung ke yogyakarta, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjunginya. Ya, tempat itu adalah pantai parangtritis, pantai ini terletak di ujung selatan kota yogyakarta lebih tepatnya berada di jalan kretek bantul DIY.

Hal menarik yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke pantai parangtritis adalah kamu bisa menikmati pemandangan laut yang sangat eksotik disertai dengan ombak yang menyisir pantai. Peunjung yang datang ke pantai parangtritis tidak hanya datang dari yogyakarta saja, akan tetapi banyak wisatawan dari luar kota maupun luar negeri, apalagi jika saat musim liburan maka tempat ini akan di penuhi wisatawan.

Mengulas Pantai Parangtritis

Sedikit mengulas tentang mitos di pantai parangtritis ini, dari mulai larangan yang harus dihindari sampai cerita yang berkaitan dengan hal gaib. Telah banyak berita yang beredar di masyarakat jika pantai parangtritis konon merupakan tempat pintu masuk dari ratu pantai selatan yaitu nyi roro kidul. Jika kamu gemar menonton film yang diperankan oleh alm suzana pasti tahu.

Nyi roro kidul sendiri diketahui menyukai warna hijau, sehingga para wisatawan pantai parang tritis dilarang memakai baju berwarna hijau. Jadi larangan saat berkunjung ke pantai parangtritis ini salah satunya yaitu tentang warna pakaian. Warna baju yang tidak boleh digunakan di pantai ini yaitu warna hijau. Saat malam 1 suro pantai ini juga akan ramai dikunjungi dibandingkan hari – hari lain.

Di pantai parangtritis ini juga masih berjalan ritual – ritual yang biasanya dilakuakn di 4 waktu:

  • Satu hari setelah jumenengen, ini adalah penobatan raja.
  • Saatu hari setelah tinggalan jumenengen, peringatan satu tahun sang raja.
  • Labuhan ageng yang biasanya dilakukan setiap 8 tahun sekali.
  • Waktu – waktu tertentu seperti pada saat putra atau putri kerajaan akan melangsungkan pernikahan.
Baca Juga :   Harga Tiket De Mata Trick Eye Jogja

Ritual – ritual seperti ini konon katanya dilakukan untuk menjaga hubungan baik yang terjalin antara sesama penguaja jogja (keluarga sultan dan nyi roro kidul).

Menurut asal – usulnya, parangtritis terdiri dari dua kata yaitu parang yang berarti batu karang, dan tritis yang artinya menetes.

Selain hal – hal diatas kamu juga bisa menikmati sunset di sore hari, pemandangan yang sangat indah ini paling sering dinanti oleh para wisatawan, selain itu juga para wisatawan bisa berkeliling pantai parangtritis dengan menggunakan andong atau dokar, ATV (all terrain vehicle) yang telah tersedia, akan tetapi harus memabayar sekitar Rp. 50.000 – Rp. 100.000 untuk sewa ATV denagn waktu 30 menit.

Jika kamu ingin menunjungi wisata pantai parangtritis, untuk dapat sampai ke lokasi tujuan kamu bisa menggunakan alat tranportasi seperti mobil atau motor, bus dan yang lain – lain. Pada umumnya jika ingin menggunakan angkutan umum seperti halnya bus maka kamu sebaiknya tidak terlalu sore dikarenakan bus angkutan umum hanya akan beroperasi sampai jam 5 sore saja.

Nah, setelah kamu mengetahui sedikit gambaran tentang wisata pantai parangtritis apakah kamu sudah tertarik untuk berkunjung kesana? Jika kamu tertarik untuk berkunjung, kamu bisa langsung datang bersama keluarga ataupun teman – temanmu untuk berlibur, akan tetapi sebelum kamu kesana sebaiknya kamu melihat dulu harga tiket yang harus kamu beli dan mempersiapkan budget agar bisa memasuki kawasan wisata pantai parangtritis.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Untuk harga tiket masuk wisata pantai parangtritis sebenarnya tidak terlalu mahal, tapi jika kamu ingin menggunakan fasilitas yang tersedia sperti andong atau dokar dan juga ATV atu membeli oleh – oleh seperti souvenir dan makanan maka ada biaya tambahan yang harus dikelaurkan, apalagi jika kamu ingin menyewa penginapan di area sekitar pantai pastinya biaya yang anda butuhkan tidak sedikit. Agar kamu dapat mengetahui harga tiket masuk wisata pantai parangtritis bisa kamu lihat dibawah ini:

  • Harga tiket masuk wisata pantai parangtritis Rp. 5000 per orang.
  • Harga sewa APV Rp. 50.000 – Rp. 100.000 dengan waktu sewa 30 menit.
  • Harga sewa ketera kuda / andong / dokar Rp. 20.000 tiap kali putaran.
Baca Juga :   Harga Tiket Masuk Maharani Zoo & Goa

Disclaimer : Harga diatas bisa saja berubah sewaktu – waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebuh dahulu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola Pantai Parangtritis.

 

Jam Operasional Pantai Parangtritis

Saat kamu berkunjung ke wisata pantai parangtritis perhatikan pula jam operasionalnya, wisata ini buka setiap hari dari hari senin sampai hari minggu dan buka 24 jam. Denagn durasi jam oerasinal yang panjang tentunya para wisatwan bisa memilih waktu yang tepat unutuk mengunjungi tempat ini. Akan tetapi waktu yang paling tepat jika inginberkunjung ke pantai parangtritis yaitu pada sore hari karena biasanya biasa sekalian menikmati indahnya sunset di pantai parangtritis.

 

Lokasi Pantai Parangtritis

Untuk lokasi pantai parangtritis ini lebih tepatnya berada di Desa Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Itulah informasi mengenai harga tiket masuk pantai parangtritis terbaru kali ini. Semoga dengan adanya informasi harga tiket pantai parangtritis ini bisa berguna untuk kalian yang berniat mengunjungi wisata pantai parangtritis di Jogja. Terimakasih.

Budi Santoso
Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!