Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam Surabaya

2 min read

Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam Surabaya – Sebagai kota terbesar di Indonesia, sudah sepantasnya Surabaya memiliki segudang tempat wisata. Apalagi, kota ini memilki sejuta kenangan dan sejarah masa lalu tentang Indonesia saat memperjuangkan kemerdekaan. Tentunya tidak sulit menggambarkan betapa istimewanya Kota Pahlawan ini. Salah satu tempat wisata istimewa milik Kota Surabaya adalah Monumen Kapal Selam. Nah, kali ini kami akan membahas segala hal tentang Monumen Kapal Selam Surabaya berikut Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam. Yuk, simak sekilas tentang monument ini dulu sebelum Anda mengunjunginya.

Sekilas tentang Monumen dan Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam Surabyaa

Destinasi wisata Surabaya memang selalu menarik, terutama wisata maritimnya. Kota ini pun merupakan pangkalan TNI Angkatan Laut terbesar sejak zaman kemerdekaan dulu. Salah satu tempat wisata yang tak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke Surabaya adalah Monumen Kapal Selam yang terletak di Jalan Pemuda, tepat di sisi Sungai Kalimas, Surabaya.

Tempat wisata ini bisa dibilang cukup recommended untuk dikunjungi para wisatawan yang bertandang ke Surabaya. Akses menuju Monkasel sangat mudah karena letaknya yang berada di pusat Kota Surabaya. Anda bisa datang ke tempat ini menaiki kereta api dan turun di Stasiun Gubeng. Bisa juga menggunakan bus, turun di Bungurasih. Kemudian naik bus kota jurusan THR. Opsi lainnya, Anda juga bisa mengunjungi monumen ini dengan menaiki kendaraan pribadi. Tidak akan menyulitkan Anda yang tidak paham jalan di Surabaya, karena letaknya berada dekat dengan Delta Plasa yang cukup populer di kalangan para wisatawan.

Dibalik kemegahan monumen ini, ada cerita menarik dan edukasi yang perlu Anda ketahui dengan masuk ke dalamnya. Monumen Kapal Selam Surabaya merupakan salah satu bukti perjuangan pahlawan Indonesia di masa-masa memperjuangkan kemerdekaan. Monumen yang biasa disebut Monkasel ini merupakan kapal selam sungguhan milik TNI Angkatan Laut tipe Whiskey Class buatan Uni Soviet pada tahun 1952 dan resmi dimiliki Indonesia pada 29 Januari 1962. Kapal ini juga pernah digunakan oleh para pejuang kemerdekaan dalam operasi Trikora.

Diberi nama KRI Pasopati 410 (nomor lambung), kapal selam ini memiliki panjang 76,6 meter dengan lebar 6,30 meter. Indonesia dan Surabaya boleh berbangga memiliki Monumen Kapal Selam ini, sebab Monkasel ini merupakan Monkasel terbesar se-Asia. Bahkan, menurut pemandu wisata, Monkasel semacam ini hanya ada kurang dari 5 negara di dunia.

Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam Surabaya

Sebelum masuk Anda diwajibkan untuk membayar tiket masuk Monumen Kapal Selam yang sangat terjangkau. Kemudian, Anda akan disambut oleh seorang pemandu wisata yang menggunakan seragam pelayar berwarna putih biru, jika beruntung. Sebab, seragam ini hanya digunakan pada hari tertentu, yaitu Selasa, Rabu, dan Sabtu.

Dari harga tiket masuk Monumen Kapal Selam yang sangat terjangkau itu, Anda bisa mendapatkan banyak sekali edukasi mengenai kapal selam dan sejarah kemerdekaan. Anda bisa melihat-lihat seluruh isi kapal selam dengan mendengarkan penjelasan dari pemandu. Ada satu cerita menarik yang biasa disampaikan oleh pemandu, yaitu perihal pemindahan kapal selam ke area penempatan Monkasel di Surabaya.

Pemindahan KRI Pasopati 410 ini ke Surabaya bukanlah perkara yang mudah. Kapal ini harus dipotong menjadi 16 bagian untuk bisa dibawa ke area Monkasel. Setelahnya, kapal ini baru dirakit kembali menjadi sebuah monument yang kini bisa dinikmati seluruh masyarakat, lokal maupun asing.

Selain mendengarkan penjelasan pemandu wisata, bisa juga menyaksukan videorama yang terletak di bagian belakang monumen. Pemutaran video bisa Anda saksikan pada pukul 09.00, 10.00, 11.00, dan seterusnya, setiap satu jam sekali. Video berdurasi 15 menit ini bercerita tentang sejarah Monumen Kapal Selam dan sejarah keberadaannya.

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, bagian luar monumen ini bisa dijadikan objek yang sangat menarik. Anda bisa juga membuat photo story darinya. Anda yang hobi berswafoto pun bisa menjadikan monumen ini menjadi latar belakang kegiatan swafoto Anda.

Untuk menikmati area Monumen Kapal Selam ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Monkasel sebesar puluhan ribu rupiah. Nah, berikut ini daftar harga tiket masuk Monkasel Surabaya yang bisa Anda jadikan referensi sebelum mengunjunginya.

 

Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam Terbaru

Untuk Harga Tiket Monumen Kapal Selam Surabaya ini cukup murah dan bisa di jangkau semua kalangan yaitu hanya Rp. 10.000 untuk semua usia. setelah anda membayar tiket masuk monkasel surabaya ini anda bisa dengan bebas menyusuri semua area di monkasel sampai ke bagian dalam kapal selam.

 

Jam Operasional Monumen Kapal Selam Surabaya

Untuk jam buka atau jam operasional dari monumen kapal selam surabaya ini di buka setiap harinya yaitu hari senin sampai dengan hari minggu pukul 08.00 wib sampai pukul 22.00 wib. Monkasel ini juga selalu di buka pada saat weekend ataupun hari libur nasioanal.

 

Peta Lokasi Monumen Kapal Selam


Itulah sedikit informasi yang berkaitan dengan Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam Surabaya Terbaru Kali ini. Semoga dengan adanya info Harga Tiket Masuk Monkasel Surabaya di atas bisa bermanfaat dan bisa memudahkan anda saat berkunjung ke Monumen Kapal Selam ini agar liburan anda semakin seru dan menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke cekhargatiket.com untuk bisa mendapatkan info harga tiket terbaru dan terupdate lainnya.

Budi Santoso
Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!