Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

4 min read

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan – Ada banyak atraksi wisata menarik yang dapat Anda kunjungi di Indonesia. Di pulau jawa sendiri, setiap daerah memiliki objek wisata dan atraksi menarik yang siap disinggahi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi Anda yang ingin berwisata sejarah dan melihat secara langsung kemegahan arsitektur pada masa lampau, ada beberapa candi yang terletak di pulau jawa. Dari beberapa candi yang dapat kita temukan di pulau jawa, satu yang memiliki arsitektur indah dan menawan adalah candi Prambanan. Candi Prambanan adalah salah satu peninggalan candi peninggalan kerajaan Mataram yang sangat megah. Tiket Masuk Candi Prambanan dikelola oleh pemerintah daerah dan pengelola candi dan benda bersejarah lainnya. Anda bisa menikmati keindahan candi Prambanan sepuasnya dengan membayar satu kali tiket masuk saja.

Wisata Sejarah di Candi Prambanan

Sebelum bicara mengenai tiket masuk candi Prambanan dan harga tiket Prambanan, mari kita cari tahu asal usul candi Prambanan terlebih dahulu. Candi Prambanan yang juga dikenal sebagai candi Roro Jonggrang adalah candi yang dibangun pada masa abad 9 masehi. Pembangunannya ditujukan untuk menyembah dewa utama yang ada pada ajaran agama hindu yang biasa disebut dengan trimurti. Adapun 3 dewa tersebut adalah dewa pencipta (Brahma), dewa pemelihara (Wishnu), dan dewa pemusnah (Siwa). Kompleks candi tempat persembahan ini disebut dengan kompleks Siwagrha oleh masyarakat pada masanya. Nama Siwagrha memiliki arti rumah Siwa yang diambil dari bahasa sansekerta. Hal ini tentunya ada alasannya. Diberi nama demikian karena dewa utama yang disembah dalam kompleks ini adalah dewa Siwa yang mana di dalam candi terdapat arca dewa Siwa yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan lainnya. Ukuran yang besar menunjukkan dewa Siwa menjadi dewa yang lebih diutamakan di kompleks persembahan ini.

Lokasi Candi Prambanan

Banyak agen wisata yang memasukan candi Prambanan sebagai salah satu destinasi wisata dalam paket wisata yogyakarta dan menyertakan tiket masuk candi Prambanan. Namun, sebenarnya candi Prambanan tidak terletak di kawasan Yogyakarta, melainkan masuk dalam kawasan Jawa Tengah yaitu di kawasan Klaten. Kawasan Prambanan ini berada pada perbatasan Jawa tengah dan Yogyakarta yang membuatnya sebagian terletak di kawasan Yogyakarta dan sebagian lagi ada pada kawasan Jawa tengah. Cukup membingungkan memang. Namun, Anda tidak perlu mempermasalahkan hal tersebut, hal yang paling penting adalah Anda dapat mengunjunginya dengan mudah karena lokasinya ada di tepi jalan besar sehingga mudah dijangkau oleh segala jenis kendaraan termasuk bus. Halaman parkirnya pun luas sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan lahan parkir.

Prambanan berjarak 50 km jika ditempuh dari kota Surakarta. Jika ditempuh dari Yogyakarta, Anda hanya perlu berkendara sejauh 17 km saja. Jika Anda beranjak dari Semarang, maka jarak perbatasan semarang paling selatan menuju candi ini adalah berkisar 120 km. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari beberapa kota besar di Jawa Tengah dan Yogyakarta membuat candi ini menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Jika kita berangkat dari Yogyakarta, ada angkutan umum yang dapat mengantarkan kita sampai Prambanan, yaitu bus trans Yogyakarta. Hal ini sangat memudahkan bagi siapa saja yang ingin berwisata ke candi ini terutama para backpacker yang ingin berhemat karena biaya yang perlu Anda keluarkan untuk bus trans ini sangat murah.

Hal yang Bisa Dilakukan di Candi Prambanan

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di candi Prambanan hanya dengan satu kali membayar tiket masuk candi Prambanan saja. Prambanan adalah kompleks candi yang sangat luas dan menyenangkan untuk dikunjungi. Namun, Anda harus siapkan kaki karena Anda harus berjalan kaki atau bersepeda untuk dapat mengelilingi kompleks candi yang sangat luas. Situs yang menjadi warisan UNESCO ini memiliki beberapa candi di kompleksnya. Beberapa candi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. 224 Candi Perwara yang tersusun rapi menjadi 4 barisan yang konsentris.
  2. Candi Patok berjumlah 4 buah yang berada pada 4 sudut zona inti bagian dalam.
  3. Candi Kelir berjumlah 4 buah yang diletakkan sesuai dengan 4 arah mata angin tepat dekat pintu masuk kompleks candi.
  4. Candi Apit 2 buah yang berada diantara candi wahana dan candi trimurti.
  5. Candi Wahana berjumlah 3 buah yang masing-masing diberi nama candi garuda, nandi, dan angsa.
  6. Candi Utama Trimurti berjumlah 3 buah yang masing-masing mewakili satu dewa trimurti yaitu Siwa, Brahma, dan W

Beberapa candi dapat kita lihat dalam bentuk utuh dan beberapa lainnya hanya dalam bentuk puing-puing. Hal ini selain karena belum ditemukannya penyusun lainnya juga karena imbas dari erupsi gunung merapi dan adanya gempa bumi yang cukup dahsyat pada beberapa tahun silam yang menyebabkan sebagian bangunan candi runtuh serta rusak.

Selain menikmati kompleks candi yang cantik serta mengambil gambarnya dengan puas, Anda juga bisa mengunjungi museum tempat menyimpan aneka benda bersejarah lainnya seperti aneka stupa kecil, bongkahan batu candi, aneka ukiran, dan foto pemugaran candi Prambanan mulai dari masa penemuan pada zaman Belanda sampai selesai di pugar setelah masa kemerdekaan. Perlu Anda tahu, candi ini memiliki kehebatan lainnya. Kehebatan tersebut adalah dari presisi peletakan setiap candi yang ada. Semua tidak asal dibangun saja tetapi dibangun dengan perhitungan yang cermat. Bahkan setiap bentuknya berupa bujur sangkar yang sangat presisi dengan ukuran yang sudah diperhitungkan sebelumnya.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Tiket masuk candi Prambanan cukup terjangkau. Untuk menikmati keindahan kompleks candi yang ada di kawasan candi Prambanan ini, Anda hanya perlu membayarkan satu kali tiket masuk candi Prambanan dengan harga tiket masuk Candi Prambanan yang masih ramah di kantong Anda. Wisata ini masuk dalam golongan wisata budaya dan wisata sejarah. Walaupun demikian, wisata ke candi Prambanan ini tidak akan membuat Anda bosan karena ada beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini. Tempat wisata yang ramah anak-anak ini juga dapat menjadi tempat wisata pilihan favorit bagi Anda yang ingin membawa keluarga untuk berlibur dengan nyaman dan tentunya aman. Anda juga bisa melakukan acara gathering dan berkemah di kawasan Prambanan karena tersedia camping area yang dapat digunakan untuk berbagai acara.

Beberapa orang merasa harga tiket masuk candi Prambanan cukup mahal. Padahal tarif masuk Prambanan tersebut masih terbilang terjangkau mengingat Anda akan menikmati wisata benda bersejarah yang berharga dan membutuhkan perawatan yang sangat cermat. Jika Anda mengunjungi candi ini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas di Prambanan seperti perabot dari batu, miniatur Prambanan, dan aneka makanan khas. Bagi Anda yang penasaran dengan harga tiket masuknya, berikut daftar harga tiket masuk candi Prambanan yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi.

 

Harga Tiket Candi Prambananan Wisatawan Lokal

Jenis TiketHarga Tiket
DewasaRp. 30.000
Anak-anakRp. 12.500

Harga Tiket Candi Prambananan Wisatawan Lokal

Jenis TiketHarga Tiket
Dewasa$18
Anak-anak$9

Disclaimer : harga tiket masuk candi prambanan d atas bisa berubah sewaktu – waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Jadi sebelum berlibur cek harga tiket di cekhargatiket.com untuk info harga tiket terbaru dan terupdate.

 

Jam Opearasional Candi Prambananan

Untuk jam operasional atau jam di bukanya sampai di tutupnya candi prambaban ini di buka muali pukul 16.00 sampai dengan jam 17.00 Wib. Para wisatawan sudah bebas berjalan – jalan sampai puas sambil berfoto – foto hanya dengan membayar harga tiket masuk seperti di atas.

 

Peta Lokasi Candi Prambanan


Itulah sedikit informasi yang berkaitan dengan Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru kali ini. Semoga dengan adanya info harga tiket masuk candi prambanan di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk anda yang sedang berlibur ke candi prambanan dengan keluarga ataupun kerabat agar liburan semakin seru dan mengasikkan. Selamat Liburan…

Incoming search terms:

  • candi parambanan 2019
Budi Santoso
Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!