Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Baturraden

4 min read

Berbicara mengenai wisata alam di Indonesia seakan tidak pernah ada habisnya. Indonesia sebagai negara tropis memang menyimpan banyak sekali wisata alam yang bisa dinikmati dan juga dieksplor keindahannya. Mulai dari wisata di pegunungan hingga di dasar laut, semuanya dapat Anda eksplor keindahan pemandangannya.

Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai ciri khas alamnya masing-masing. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang ingin mengunjungi tempat tersebut. Kawasan Baturraden pasti menjadi tempat yang tidak asing lagi pagi para traveler. Ya, kawasan Baturraden memiliki tempat wisata yang menawarkan keindahan alam.

Hingga saat ini, Baturraden masih menjadi primadona bagi masyarakat Banyumas serta wisatawan lain bahkan menjadi objek wisata yang sangat diunggulkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas. Di kawasan Baturraden, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan taman bunga, tetapi juga terdapat pancuran 3 dan pancuran 7 serta berbagai wisata air terjun.

 

Wahana Kebun Raya Baturraden

Ada berbagai wahana yang dapat Anda eksplor di Kebun Raya Baturraden yang tentunya menyuguhkan pemandangan indah. Taman bunga kebun raya Baturraden menjadi tempat yang sangat indah untuk dijadikan sebagai tempat foto yang instagramable. Ada banyak sekali bunga berwarna-warni yang bisa menjadi latar belakang foto Anda.

Tidak hanya tanaman hias saja, di taman bunga ini juga tersedia berbagai koleksi tanaman obat dan pohon pinus yang membuat Anda tidak akan merasa kepanasan. Beberapa rumah pohon dan arena bermain anak juga tersedia di tempat ini. Bahkan ada juga taman labirin yang akan menantang adrenalin agar bisa keluar dari labirin tersebut.

Selain itu, Anda bisa mencoba olahraga panahan ataupun bersepeda pada area yang telah tersedia. Bagi yang senang mendaki, maka Anda dapat memanfaatkan arena trekking untuk menikmati keindahan alam sekitar Baturraden yang masih asri. Lalu apa saja sih wahana yang keren di kebun raya baturraden ini, berikut beberapa wahana yang ada di sana

 

1. Telaga Sunyi

Telaga dengan Warnah yang indah ini memang sangat indah di tambah dengan kesejuakn udara di sana. Bebatuan di telaga ini licin dan sesuai dengan namanya memang telaga ini sunyi dan hanya terdengar gemercik air.

 

2. Telaga Pancuran Pitu

Salah satu objek wisata lainnya yang harus di kunjungi ketika berada di kebun raya baturaden ini yaitu telaga pancuran pitu. telaga ini sangat cocok untuk di jadikan background foto karena sangat instagramable. keindahan yang ada pada telaga ini akan membuat anda terpukau ketika sampai di tempat ini di tambah lagi dengan banyak nya pepohanan yang hijau dan udara yang sejuk akan membuat waktu bersantai anda semakin berkesan.

Baca Juga :   Harga Tiket Bus Sempati Star

 

3. Rumah kaca

ketika pertama kali memasuk rumah kaca di kebun raya baturraden ini pasti anda akan kebungungan mencari jalan keluar. Di dalam bangunan rumah kaca ini terdapat banyak sekali kaca yang di jajar secara rapi sehingga akan membingungkan para pengunjung.

 

4. Rumah Kompos

Kompos termasuk pupuk yang alami yang sangat bagus untuk bercocok tanam. Bagi yang belum melihak kompos ini pasti akan merasa jijik dan juga bau, namun di baturraden ini memiliki tempat untuk kompos yaitu rumah kompos sebagai wahana edukasi agar para pengunjung bisa belajar cara membuat pupuk kompos yang benar.

 

5. Rumah Anggrek

Pada tempat ini terdapat berbagai macam tanaman anggrek yang sangat indah dengan warnanya yang memanjakan mata. Pada tempat ini anda bisa berfoto dengan background bunga angrek agar foto anda terlihat semakin keren dan juga indah sangat cocok untuk di upload ke instagram.

 

6. Wahana permainan

Wisa kebun raya tidak selalu hanya kebun yang banyak sekali tanaman. Pada wisata kebun raya baturraden ini juga terdapat wahanan permainan yang cocok untuk anak-anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan banyak lagi.

 

7. Rumah Pohon

Tidak hanya taman bermain anak – anak, di wisata kebun raya baturraden ini juga terdapat rumah pohon yang keren. Biasanya para pengunjung akan berfoto di rumah pohon tersebut.

 

Fasilitas Kebun Raya Baturraden

Sejak pertama kali beroperasi sebagai objek wisata, pihak pengelola terus melakukan pengembangan fasilitas agar setiap pengunjung merasa nyaman ketika berada di area Kebun Raya Baturraden. Salah satunya adalah dibangunnya rumah kaca yang digunakan untuk pelestarian tanaman-tanaman tertentu.

Tidak hanya itu saja, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas jalan yang memudahkan pengunjung untuk mengeksplor. Bagi Anda yang tidak menyiapkan bekal, maka dapat mendatangi café dan rumah makan yang ada disana. Berbagai makanan berat dan makanan khas Banyumas tersedia di tempat makan tersebut.

Tersedia juga mushola untuk Anda menjalankan ibadah sembari beristirahat sejenak. Beberapa toilet juga ada di berbagai spot sehingga akan memudahkan Anda jika membutuhkan toilet. Berikut daftar fasilitas yang ada di kebun raya baturraden yang bisa anda lihat dibawah ini

  • Musholla
  • Gazebo
  • Toilet Umum
  • Area Parkir Luas

 

Peta Alamat Lokasi Kebun Raya Baturraden

Kebun Raya Baturraden berada di Jalan Pancuran Tujuh Wanawisata, Baturraden, Purwokerto. Keseluruhan luas kebun raya ini kurang lebih 143,5 hektar. Saat ini, Kebun Raya Baturraden telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi ex situ untuk flora-flora yang ada di pengunungan Jawa.

Baca Juga :   Harga Tiket Bus Handoyo

 

Jam Operasional Kebun Raya Baturraden

Untuk jam operasional Kebun Raya Baturraden dimulai dari jam 08.00-16.00 WIB. Jadi, pastikan jika Anda datang di antara jam operasional tersebut. Namun, jika Anda ingin menikmati keindahan kebun raya pada malam hari, maka Anda dapat menghubungi pihak pengelola untuk masuk area wisata pada malam hari.

Di sepanjang perjalanan menuju Kebun Raya Baturraden terdapat banyak sekali hotel dan penginapan jika Anda ingin mengunjungi banyak spot wisata lain di area Baturraden. Hotel dan penginapan tersebut juga akan memudahkan Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata yang ada di Purbalingga.

 

Harga Tiket Kebun Raya Baturraden

Tiket masuk Kebun Raya Baturraden terbilang cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar sebesar Rp10.000,- saja untuk satu orangnya. Namun, harga tersebut belum termasuk tarif parkir kendaraan. Jika Anda ingin tiket yang jauh lebih murah, maka Anda dapat mencoba untuk beli tiket terusan yang menuju ke Telaga Sunyi dan juga Pancuran Tujuh.

Untuk tiket terusan ini hanyalah Rp25.000,- untuk satu orangnya. Apabila Anda membeli secara terpisah, maka jelas harganya akan lebih mahal. Selain itu, harga tiket masuk tersebut sewaktu-waktu dapat berubah, terutama pada saat libur panjang dan libur lebaran. Jadi, pastikan Anda selalu menyiapkan bujet lebih untuk anitisipasi.

TiketKategoriHarga
Tiket MasukTiket UmumRp10.000
Tiket TerusanRp25.000
ParkirSepeda MotorRp2.000
MobilRp5.000
BusRp10.000

Disclaimer : Untuk harga tiket masuk kebun raya baturraden diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola tempat wisata Kebun Raya Baturraden.

 

Tips-Tips Wisata ke Kebun Raya Baturraden

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Kebun Raya Baturraden, maka Anda harus memastikan jika kendaraan yang digunakan telah siap dan dalam keadaan yang baik. Hal ini karena kondisi jalan menuju lokasi wisata tidak terlalu bagus dan juga menanjak. Terutama di jalan yang menuju ke pancuran tujuh.

Selain itu, hindari pergi ke Kebun Raya Baturraden pada saat musim penghujan karena jalanan yang lebih licin dan berbahaya. Apalagi jika Anda menggunakan sepeda motor. Maka dari itu, selalu pastikan jika kondisi cuaca dan kendaraan Anda dalam keadaan baik supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama berada di dalam perjalanan.

 

Demikian informasi yang berkaitan dengan harga tiket masuk kebun raya baturraden terbaru kali ini. Semoga dengan adanya info harga tiket masuk wisata diatas bisa bermanfaat dan berguna untuk anda yang masih bingung atau akan berkunjung atau berada di Purwokerto. Terimakasih.

Budi Santoso
Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!