Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo Yogyakarta

2 min read

Jika bicara tentang Kota Yogyakarta memang tidak lepas dari wisata sejarah diantaranya seperti candi, museum, dan lain sebagainya. Salah satu candi yang sangat cocok untuk dikunjungi bagi penikmat senja di kota Yogyakarta ialah Candi Ijo. Walaupun namanya tidak sepopuler Candi Borobudur atau Candi Prambanan, akan tetapi pemandangan sunset di candi ijo ini tidak kalah menarik. Harga tiket masuk candi ijo Yogyakarta pun terbilang sangat murah.

Candi Ijo ini adalah candi yang bercorak Hindu dan dibangun sekitar abad ke – 10 hingga 11 ketika pemerintahan Kerajaan Medang. Candi ini juga disebut – sebut sebagai candi tertinggi di yogyakarta karena lokasinya yang berada di atas bukit dan memiliki ketinggian 357,402 mdpl sampai 395,481 mdpl. Candi ini mempunyai teras berundak yang mana sisi terendah di sebelah barat dan sisi tertinggi di sebelah timur. Hal ini terjadi dikarenakan kontur bukit di bawahnya.

Candi Ijo ini terdiri dari 17 bangunan dan dibagi lagi menjadi 11 teras berundak. Di area teras yang pertama digunakan sebagi pintu masuk. Sedangkan pada pintu gerbang candinya yaitu teras berundak di barat dan timur. Sementara itu di teras yang ke- 11 menjadi pagar yang menutupi sekeliling candi dari luar. Selain bangunan – bangunan tersebut terdapat pula 3 buah candi perwara, 4 candi utama, dan 8 lingga patok.

Peletakan bangunan – bangunan candi tersebut tidak sembarangan, namun melihat dari nilai religinya. Untuk bangunan yang paling tinggi adalah bangunan yang tersakral. Jika dilihat dari pintu masuk candi terdapat motif kepala ganda dan juga terdapat atribut yang menggambarkan bahwa candi ini merupakan candi yang memadukan kebudayaan Hindu dan Budha.

Terdapat pula arca sosok laki – laki dan perempuan yang melayang dan menunjukkan arah. Makna dari arca tersebut yaitu sebagai suwuk untuk mengusir roh – roh jahat dan sebagai lambang persatuan bagi Dewi Uma dan Dewa Siwa. Adapula makna dari 3 candi perwara yang mana dipercaya sebagai Hindu Trimurti (Wisnu, Brahma, dann Siwa). Selain bangunan tersebut ada juga prasasti yang memiliki tebal 9 cm dan tinggi 14 cm yang di dalamnya terdapat mantra dengan kata – kata yang ditulis sebanyak 16 kali.

 

Fasilitas – Fasilitas Candi Ijo Yogyakarta

  • Pos Penjagaan
  • Mushola
  • Pos Satpam
  • Warung Makanan
  • Toilet umum
  • Area parkir kendaraan

 

Lokasi Candi Ijo Yogyakarta

Berdasarkan namanya lokasi dari Candi Ijo Yogyakarta ini terletak di DIY (daerah istimewa yogyakarta) lebih tepatnya berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, indonesia.

Jika kamu datang dari Yogyakarta maka akan menempuh perjalanan yang berjarak 18 km. Sedangkan jika dari Candi Ratu Boko hanya berjarak 4 km saja. Candi ijo ini berada di atas bukit yang bernama Gumuk Ijo, Perbukitan Batur Agung.

 

Jam Operasional Candi Ijo Yogyakarta

Candi ijo yang menyuguhkan pemandangan sunrise dan sunset yang indah di atas ketinggian ini dibuka setiap hari dari hari Senin hingga Minggu dan mulai jam 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

 

Harga Tiket Masuk Candi Ijo Yogyakarta

TiketKategoriHarga
Tiket masukWisatawan domestikRp. 5.000 / orang
Wisatawan asingRp. 10.000 / orang
Biaya parkirSepeda motorRp. 2.000
MobilRp. 5.000
BusRp. 10.000

Disclaimer : Untuk harga tiket masuk candi ijo Yogyakarta diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola candi ijo Yogyakarta.

 

Tips Wisata di Candi Ijo Yogyakarta

  • Tempat yang tepat didatangi untuk belajar sejarah, budaya, dan seni.
  • Sebaiknya Mengunjungi candi ijo pada pagi atau sore hari agar bisa melihat indahnya sunrise dan sunset serta cuacanya tidak terlalu panas.
  • Jika kamu mengunjungi candi ijo siang hari maka berteduhlah di pohon – pohon rindang yang ada di sana.
  • Usahakan Pakailah baju yang sopan.
  • Kunjungilah candi ijo saat musim kemarau.
  • Hati – hati saat melewati akses jalan menuju Candi Ijo ini, karena jalan yang kurang rata.

 

Demikianlah, informasi mengenai harga tiket masuk candi ijo Yogyakarta kali ini. Semoga dengan adanya informasi harga tiket candi ijo Yogyakarta ini bisa bermanfaat dan berguna untuk pencarian destinasi wisata di yogyakarta. Terimakasih

Budi Santoso
Budi Santoso Seorang mahasiswa jurusan komputer yang suka dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Hobi fotografi, traveling, dan menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di cekhargatiket.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!